Jadi terakhir kali gue ke Borobudur itu zaman kuliah, siang bolong, panas, bawaannya pengen ngadem di bawah pohon mulu. Rada-rada kurang tertarik kalau disuruh balik lagi ke sana. Tapi berhubung si bos mau liat Borobudur, jadilah gue kudu ikut. Nah, pas gue googling kali aja ada paket wisata atau semacamnya, nggak sengaja nemu ini http://cnn.it/1cLIBlp. Gue baru tahu (asli parah banget deh gue) kalau Borobudur bisa dikunjungi pas sunrise. Malah CNN bilang waktu terbaik datang ke Borobudur itu pas subuh sambil lihat matahari terbit.

Ada kali satu jam gue nongkrong di lobby hotel sama Pevita buat nyari info paket sunrise di Borobudur. Jadi, satu-satunya paket yang menyediakan tur sunrise ke dalam Borobudur itu hanya dari Hotel Manohara. Untuk lokal dikenakan biaya IDR250k, sedangkan untuk turis 350USD. Mahal banget kalau dibandingin sama tiket masuk reguler yang cuma 30 ribu perak doang. Tapi berhubung dibayarin bos, jadi ya cuek aja.

Nah di sini permasalahan dimulai. Driver yang kita sewa, baru available jam 7 pagi. Jadi dengan inisiatif tinggi yang kemudian disesali sendiri, gue menawarkan diri nyetir ke Borobudur.

Sekali lagi, jika ada teknologi driver, manfaatkanlah dengan baik. Jam 3 pagi gue sudah bangun dengan mata kriyip-kriyip nyetir ke Borobudur sama Bos. Sepanjang jalan si bos minta gue pelan-pelan. Pas gue nengok, doi dong ngomongnya sambil merem!

Setengah jam kemudian, sampailah kita di hotel manohara. Ternyata banyak rombongan bule yang sudah siap berangkat ke candi. Setiap orang, disiapkan kain sarung, lampu senter, dan stiker. Nanti lampu senter dan kain akan dikembalikan lagi untuk ditukar dengan souvenir.

Sampai di candi, gue sama bos langsung naik ke tingkatan yang paling atas, dan… Astaga… pemandangan sekitar candi Borobudur keren banget! Kayak lukisan! Candi Borobudur dikelilingi bukit dan pohon-pohon lebat. Dari atas kita bisa lihat pohon-pohon dan bukit diselimuti kabut (atau embun) putih yang membuat warna hijau pucatnya berlayer seperti lukisan. Di sebelah timur ada gunung Merapi dan Merbabu yang cantik, sekaligus mistis.

Sekitar pukul 5, semburat keemasan muncul dari balik gunung. Matahari muncul perlahan, dan cahayanya menghujani bukit serta candi yang tertutup kabut putih. Cantik banget! Semua memory gue tentang panasnya Borobudur dulu hilang sudah. Ini keren banget men!

IMG_20131208_045844 IMG_20131208_045909 IMG_20131208_045959 IMG_20131208_052234 IMG_20131208_052321 IMG_20131208_052439 IMG_20131208_052545 IMG_20131208_052738

Ada kali gue 2 jam duduk bengong dari atas candi Borobudur. Sampai lupa, gue ke situ sama bos gue yang entah lagi ngapain.

Setelah mengagumi keindahan sunrise di Borobudur, gue sama bos kembali ke hotel dan dapat snack dari hotel Manohara. Asli, perjalanan pulang gue ngantuk parah. Untung bisa selamat sampai tujuan dan langsung tidur di kamar.

Advertisements